Living with girls in Biji Cengke

12.12.00

Hi.

Setelah melewati satu hempasan badai tugas, gue memberikan self-reward untuk diri gue berupa waktu (dan determinasi) untuk blogging! Mau cerita tentang kehidupan gue di Biji Cengke.

Biji Cengke merupakan kontrakan yang terletak di Wisma Sari Kenangan 2, semacam kavling gitu. Ada di samping liverpool futsal persis. Biji Cengke diambil dari term password Bolt! Viny yang sudah tersebar luas seantero kontrakan hingga bisa dipakai buat youtube-ing Inuyasha sepuasnya for free (#ditabok). Biji Cengke terletak di lantai 2, di atas rumah Bapak Arie yang merupakan anak dari pemilik Biji Cengke.  Bapak Arie punya WiFi rumah yang koneksinya selalu full, disitu kadang saya merasa iri. Bapak Arie orang betawi juga waktu itu pernah ngobrol sama Ayahkuw. Emang ya usaha orang betawi gak jauh-auh dari kontrakan. Hidup, orang betawi!

Viny di depan Wisma Sari Kenangan 2


Penghuni Biji Cengke ada 5 orang, yaitu:

  • Dindo (arsitektur '13)
  • Reade (sist. informasi)
  • Pipin (sist. informasi)
  • Dila (sist. informasi)
  • Nido (sist. informasi) 
Kami semua kudungan alhamdulillah! Dan ibu serrrring banget bilang, "tuh khoirun, mereka aja gaul.. kayak kamu dulu ajaa". Padahal, buk, aku masih gaul dan eksis hingga sekarang :)) #ditabok

Ohya, Selain kelima penghuni tersebut, terdapat penduduk tambahan yang dapat dikategorikan menjadi beberapa grade, yaitu:
  • Grade A; seminggu datang bisa >3 kali, nginep bisa >2 kali, frekuensi amat teramat sering. Diwajibkan memiliki bakti khusus di Biji Cengke. member: Intan seorang. 
  • Grade B: seminggu nginep bisa >1 kali. Frekuensi biyasa ajah. Biasanya datang di kala propensi atau MPPI menghadang. member: nabila, eva, hani.
  • Grade C: seminggu datang bisa >1 kali. nginep terkadang saja. Biasanya datang untuk keperluan kepanitiaan. member: Pengurus Inti panitia BK**.
  • Grade D: nginep di kala darurat. semisal tidak ada ojek untuk pulang ke rumah, emang mau nemenin temen ataupun hal lainnya. member: Sheila, Kei, Tia.
Biji Cengke itu dalamnya seperti kos-kosan. Kita punya teras (buat jemur pakaian), 1 dapur, 1 ruang tamu, 1 ruang nonton TV, 4 kamar tidur serta 4 kamar mandi. Agak aneh sih, bentuk kos-kosan tapi disewain serumah jadi ya itungannya ngontrak. Duit sewa dibagi-bagi gitu sesuai ukuran kamar (inisiatif sendiri). Sentra kegiatan Biji Cengke adalah kamar Viny. Karena ada balkon, bisa liat ke jalan, adem.. Sering ngerjain tugas di situ. Ku suka bobo siang disitu hahaha.

View pintu dari dalam


Kamar Pipin

Dulu, Biji Cengke ini base camp-nya anak Bengkulu. Gue emang udah suka nginep semenjak semester 3 di situ, di kamar Viny (yang sekarang jadi kamar gue). Namun akhirnya anak2 bengkulu tersebut ngekos, dan jadilah gue-dila-reade sebagai penghuni baru datang. Udah suka sih sama Biji Cengke, karena basically masih baru dan belum ditempatin orang macem-macem, ada satpamnya, lighting oke, dan gak lembab! I hate humid building soooo much.

Pas ditawarin Viny ada kamar kosong wes langsung mau banget. Karena oh karena semester 6 terlihat agak berat ditambah gue kerja part-time (TADINYA. Sekarang udah nggak. Tau ah. Tjiee baper). Tapi, gue gak mau kalo satu kamar sendiri karena gue yakin gue bakalan sering balik ke rumah secara rumah gue 1 jam doang dari kampus hehehe. Tadinya gue mau mengkondisikan Biji Cengke sebagai pemberhentian di kala capek pulang aja gituu. Jadi lah gue nyari teman se kamar, dan... ketemu DILA! 

Dila dan gue ini dipertemukan oleh seorang Nicholas Saputra :P
To live in a room together is not easy, but it is not hard too, loh. What we should do is understanding each other. as simply as that.
Alhamdulillah gue dan dila memiliki beberapa kebiasaan yang sama:
  • kami suka angin! nyam-nyam. kipas angin hampir gak pernah berhenti di kamar kami
  • kami tidur dengan lampu nyala
  • kami cuek
  • kami punya selera humor yang sama
  • kami (mencoba) irit
  • kami suka pedashhh :9
  • we are family girl
Gitu, deh. Hal-hal yang biasanya kita ucapkan:
Dil lo mau mandi sekarang gak? gue mau nyuci nihh
Weeey bener-bener lu nid
Dil bagi minyak goreng please. belom beli niy
Nid kelas nggak lo sekarang?
kamar gue kunci ya
If you give me a chance I will make it (lelah hayati)
dil lo mau pulang hari ini gak? 
Nid lagi baca inuyasha lu ya? parah luu

Dan yang paling menyayat hati adalah
DIL/NID UDAH JAM TUJUH OMG KELAAS *sambil ngucek mata baru bangun*
Yaa... walaupun tembok kamar gue dan liverpool futsal nempel hingga menyebabkan kami selalu mendengar kegiatan futsal yang ada, kadang kalo ada yang nginep kamar kami berantakan, kadang gerah banget di kamar, kami tetap selow karena kami SWAG.

SWAG: Single. Woles. Anti. Galau


sepintas kamar nido-dilo

Selain teman sekamar, gue juga diharuskan mengerti teman sekontrakan satu sama lain. We live in Biji Cengke together, right? There are different cultures, different life style, different skills, different level of diligence, different mind, different heart, different person. Selama gue 2 bulan disitu, ada beberapa rutinitas yang unik dari masing-masing penghuni biji cengke. Gue hapal bunyi alarm masing-masing kamar sampe jam terbang penghuni hahaha.

  • Ada yang tiap pagi udah bangun. Duduk rapi di meja belajar menghadap laptop sambil pake kemeja dan jaket.
  • Ada yang kerjannya nonton tv show sambil ketawa-ketiwi di malam hari
  • Ada yang kerjaannya ngelem  di dini hari (sounds wrong, ngelem maket maksudnya)
  • Ada yang rajin banget sarapan. pagi-pagi udah teriak "eh ada yang mau sarapan gak?"
  • Ada yang rajin banget sarapan dan kerjaannya nyaut "mauuu... nitip yaa"
  • Ada yang nyuci mulu. Parah, like nyuci mulu.
  • Ada yang lupa kunci pintu mulu
  • Ada yang kalo pulang gedor-gedor pintunya gak santai
  • Ada yang rajin "ke indomaret"
  • Ada yang kerjannya pagi-pagi sarapan sambil nonton Dahsyat 
  • Ada yang kerjannya teriak "someday someone's gonna love me"
  • Ada yang kalo cerita dari A-Z padahal inti ceritanya gak sampe A #lelah
  • Ada yang rajin video call sama keluarga
  • Ada yang mamanya suka nginep dan bawa makanan (maaci Tante)
  • Ada yang rapat kepanitiaan di kontrakan sehingga penghuni Biji Cengke kalo keluar kamar pake mukena
Dan masih banyak hal lainnya.'

Kalo gue pribadi, ada satu kegiatan yang gue sukaaaa banget selama ngontrak, yaitu:

NYUCI :3 :3 :3
Padahal gue nyucinya pakai tangan loh karena gada mesin cuci. Entah kenapa, doing laundry is just like rejuvenating your mind aja gitu. Sambil nyuci sambil mikir. Mikir apaan ajaa yang bisa dipikirin. Gue nyuci lama banget, satu jam itu cuma buat 10 pakaian. Bilas berkali-kali sampe yakin tidak ada sabun yang tersisa... kadang sampe pinggang berasa patah. But that's the art of nyuci, right? Biasanya gue nyuci rutin hampir tiap hari di pagi hari, cuma semenjak UTS entah kenapa jadwal nyuci gue berantakan banget huhuhu aku sedih. Tapi teteup, aku suka nyuci. Nah, yang malesin dari mencuci adalah jemur. Bukan apa-apa, gue harus jemur pakaian di teras, which means I have to wear hijaab. Alhamdulillah nggak perlu pake kaos kaki karena dari luar gak keliatan gitu. Dan hal ini yang memicu gue untuk menciptakan rumah yang bisa adapt terhadap syari'at islam! Hehe. Tapi itu lah perjuangan.


Teras untuk nyuci (jemuran gak keliatan)


Ibuk bilang tangan khoirun enggak halus lagi karena nyuci mulu. Tapi, ini semua gak seberapa dengan pengorbanan yang ibuk lakukan selama puluhan tahun. Ibuk itu wanita karir terhebat yang pernah khoirun tau, karena ibuk gapernah lupa sama rumah :)

Well, Banyak suka-duka hidup tidak sama orang tua.

Suka

Bisa belajar ngertiin orang lain. Hidup mandiri, gak manja lagi. Bisa sadar bahwa orang tua itu sangat berharga dan gue tanpa mereka hanyalah butiran debu yang tak tau arah. Bisa belajar mengatur uang. Mengatur jadwal hidup sendiri. Mengurus diri sendiri. Self-development time banget, deh! 

Duka

Tidak serumah dengan orang tua. Tidak mendapat kesempatan untuk meraih pahala dengan hidup bersama orang tua :"""""""( 

Mom, dad, I promise I do this for you both in the future.

Gue jadi ngebayangin gimana gue punya cu-wa-mi nanti. Pasti ada bedanya kan gak mungkin sama semua. Misalnya dia suka gantung handuk sembarangan, gue kesel mulu yaa gak bahagia dong hidup.

Gue punya satu teori sekarang. 
Orang yang tau banget aslinya lo gimana (baik-buruknya) selain keluarga lo adalah teman kontrakan.
Yap, jadi kalo mau stalking calon pendamping hidup musti nanya juga ke temen sekontrakan/seasramanya nih dia gimana. Hmm... (BRB nyodorin uang suap ke dila-viny-dindo-reade).

Last, Ada tips dari gue buat lo yang mau ngontrak bareng
People are different, you can not force them to act and think the same like you do. All you have to do is make a rule for basic stuffs (usually about money), understand them, respect them, and have your own privacy. If you do not like something and it affects the house's life, just tell it directly. But if you do not like something because it simply doesn't suit on you, just let it go. You might have something annoying to them, too. Live your life and Have fun!


Xo
Anak gaul Cengke

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe