Marble Cake

06.02.00

Behind the story

Ada pengajian gitu di rumah terus mama minta buat kue bolu gitu. Padahal gue belum nyoba, tapi dengan pedenya menerima permintaan tersebut *laugh*. Terus dibilang kalo mintanya 5 loyang gitu haha kaget siy tapi yaudah lah ya, kapan lagi kalo gak nyoba entar gak bisa-bisa dong, ya? Hehe akhirnya nenek dateng juga siy, tapi beliau ngeliatin doang dan bantu-bantu masalah tekhnis tanpa kritik soal resep. Katanya, coba aja pake resep yang aku punya gitu duuh jadi terharu. Btw ini namanya marble cake, tapi orang Indonesia biasanya bilang kue marmer atau kue bolu. Bener gak? :B


Waktu Pengerjaan

± 75 menit

Bahan

- 150 gram tepung terigu
- 150 gram margarin
- 3 butir telur (putih dan kuningnya)
- 5 butir telur (kuningnya saja)
- 100 gram gula pasir
- 1 sendok makan ovalet (cake emulsifier)
- 1 sendok teh baking powder
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok makan cokelat bubuk
- 1 sendok teh pasta cokelat



Cara membuat

- Campurkan tepung terigu dan baking powder, taruh di mangkuk.

- Lelehkan margarin dengan api sedang di kompor (Kamu juga bisa mengganti tahap ini dengan mengocok margarin sampai lembut menggunakan mixer)



- Sambil menunggu margarin menjadi dingin, kocok telur, garam dan gula pasir hingga mengembang (masukkan gula pasir secara perlahan-lahan). Setelah mengembang, masukkan ovalet dan aduk rata. Sisihkan di tempat terpisah.

- Masukkan teping terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan teknik aduk-balik.

- Setelah semuanya tercampur, masukkan margarin dan aduk hingga rata.

- Ambil sebagian adonan dan tambahkan cokelat bubuk dan pasta cokelat (lakukan ini di mangkuk yang berbeda). Aduk rata.

- Taruh adonan putih di loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung secara merata.

- Taruh adonan cokelat di beberapa titik di atas adonan putih, lalu aduk adonan tersebut hingga membentuk sebuah motif.

 - Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya, dengan suhu 180 derajat celcius selama ±35 menit menggunakan api bawah. Saat sudah 10 menit tersisa, ganti apinya jadi api atas.





After baked,



THAT'S IT.
MARBLE CAKE :)

Notes

Cake ku ngga membentuk motif karena emang lagi gak mau begitu aja. Ohya, Sebenarnya terdapat beberapa resep untuk membuat kue bolu, biasanya sih yang beda cuma jumlah telurnya. Ada yang menggunakan 6 telur ataupun 8 telur. Tapi, setahuku dari semua resep, perbandingan tepung terigu dan margarin 1:1.  

Ada beberapa hal yang membuat kue bolu jadi bantet, yang aku alami di kue pertama:- Bahan yang digunakan dingin, jangan taruh bahan-bahan kue di dalam kulkas.- Teknik mengocok telurnya salah 

Hihi, sampai saat ini masih belajar teknik mengocok gitu-gitu deh makanya kueku juga tidak mengembang maksimal (tapi gak bantet juga sih:P). Harus semangat karena kalo enggak yaa kapan lagi kita bisanya? 


p.s: Penulis masih belajar masak, mohon dikoreksi jika ada kesalahan;)

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe