Terlalu hina?

10.01.00

Bismillah.

Dear Universe,

Alhamdulillah, bersyukur pada Alloh atas nikmat iman dan islam. Aku mau cerita tentang kegiatan asramaku. Lebih tepatnya Tahfizh Smart batch 4 di Indonesian Qur'an Foundation. Santriwati-nya ada 30 orang, 3 musyrifah (Ustadzah Tia, Ustadzah Ummi dan Ustadzah Neneng. Semuanya lululsa LTIQ Asy-Syifa Subang), dan 4 supervisor (Isa, Deli, Ka Pipit, Ka Asma). Kalo santri-nya gak tau ada berapa, ngeliat aja nggak. Ciwi disini menyebut ikhwan sebagai makhluk lain, temannya bakwan #OKAY

Masya Alloh khoirunnida udah mau pake term "ikhwan" gitu ya biasanya resistant sama term-term anak pesantren

Nah santriwati disini ada yang takhossus (di asrama full time) dan ada yang punya kegiatan lain. Mostly sih mahasiswi, yang pekerja cuma 2 orang. Nah kalo yang takhossus, pada SMP-SMA gitu, minyi-minyi kecil-kecil imut-imut syeneng deh main sama anak kicil gitu haha.

Nah Tahfizh Smart 4 (TS4) itu kegiatannya hanya ada ba'da isya sampe jam 7 pagi. Sisanya, yaa aku kuliah. Jadi gini, abis pulang kuliah, ikut isya berjama'ah kan. Terus qur'an time (ini agenda utama) hingga pukul 21.30, nah abis itu kegiatan dengan supervisor (tentatif) hingga 22.00. Terus bobo, bangun jam 3.30 untuk QL. Terus shubuh berjama'ah dilanjutkan dengan qur'an time lagi hingga 6.45, lalu kerjabakti bersihin kebun asrama sesuai dengan job masing-masing.

The challenging part is, aku harus bisa bagi waktu untuk nugas! That's why ku bobo jam 1 atau 2 pagi yang menyebabkan tidur cuma 2 jam-an dan menjadi zombie di kampus. That's why ku sekarang kerjaannya kalo lagi jam kosong di kampus pasti ngerjain tugas atau bobo di musholla ciwi XD That's why ku sekarang makan siang atau kemana-mana lebih sering sendiri gak bareng teman karena ritme hidup meningkat. 

That's why............ I am happy! I am grateful!

Ohya, kegiatan utamanya kan Qur'an Time (QT), yah. Nah kalo untuk sekarang yang masih masa orientasi, QT pagi itu kelas tahsin utsamani (hiks.. kangen bilal utsmani dengan Ustadzah Nurul dan teman-teman!). Tahsin class-nya dibagi satu group untuk 10 santri - 1 musyrifah. Aku kebagian dengan Ustadzah Ummi, ustadzah yang superrr ceria dan menyenangkan! Masalah khoirunnida tetap sama dari dulu, huruf ص dan ﺝ. hiks emang niy becek mulu Jim-nya kebanyakan ngomong inggris sih?!  #denial. Bismillah pokoknya harus bisa memberi hak pada harf kesayangan-kesayangan akuuu.

Bagian paling challenging dari QT adalah... kantuk. Allahuakbar warbiyasa. Bayangkan, abis bobo 2 jam di malam hari, harus QT. Abis pulang kuliah puyeng dengan tugas dan materi, harus QT. Karena belum terbiasa, aku sering khilaf ketiduran pas QT. Yang lebih parah, ayatnya ngaco-ngaco gitu kemana tau. Bahkan, di QT tadi ada temenku yang lagi baca surat apa gitu terus nyambung ke bacaan dzikir saking kliyengan akan kantuk ;'))

Ada beberapa trik yang aku perhatikan (dan terapkan) untuk melawan kantuk saat QT, yaitu:

  • Bawa air minum
  • Bawa permen
  • Kalo udah kerasa ngantuk, pindah tempat
  • Kalo udah ngantuk banget, diri aja sampe ngantuknya ilang
  • Duduk samping ustadzah, niscaya kamu tidak akan berani ketiduran :'))
Ohya, di IQF ini, ada 4 asrama untuk santriwati, yaitu: Hanifah (asramaku!), Karimah, Sumayya, dan Afifah. Seperti kataku kemarin, asramanya basically hanya kontrakan rumahan gitu. Yang paling bagus itu asrama afifah yang ditempati oleh anak-anak SMP-SMA. iyalah mereka masih cilik harus dikasih fasilitas bagus. That's why khoirun suka main ke asrama mereka karena oh karena... mandi dan nyuci baju disitu enak banget! Kamar mandinya masih baru :'))


Di asramaku, Hanifah, ada 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 dapur dan 1 kamar mandi. Isi asrama hanifah ada 1 supervisor  (Isa, teman lomba MTQ akuu, Kesehatan masyarakat UI 2012) dan 7 santriwati, yaitu: 
  1. Nida (fasilkom UI 2012)
  2. Annida (namanya sama haha, Tek. Elektro PNJ 2014)
  3. Dini (Perbankan Syariah PNJ 2012 dan Psikologi 2014, masya Alloh double degree cuy!)
  4. Susi (Matematika UI 2013)
  5. Ummu Salamah (Ilmu Ekonomi UI 2012)
  6. Sumayya (Psikologi UI 2014)

Bismillah, semoga bisa terus istiqomah ya, Say!

Anyway, abis QT malam ini, ada sesi sharing dari para ustadzah tentang pengalaman ber-qur'an mereka. Masya Alloh, netes euy.. Terharu banget. Kira-kira summary-nya begini

Mungkin antunna berpikir bahwa kami yang memilih antunna saat tes kemarin. Namun, sesungguhnya tidak. Allah lah yang memilih antunna untuk berada disini. Percayalah, Al-Qur'an itu sangat mulia. Dan hanya orang-orang yang punya al-qur'an di hatinya yang dapat mudah tersentuh akan kebenaran. Mungkin kalian berpikir bahwa dosa kalian terlalu banyak, bahwa kalian terlalu hina untuk Al-Qur'an yang mulia ini. Naamun percayalah, bahwa Alloh yang memilih kalian untuk ada disini. Nikmatilah prosesnya, jangan menjadikan ini sebagai perlombaan. Kalian harus melakukan ini seumur hidup, sampai mati. Jagalah hidayah ini.

NYESS. Aslinya lebih deep sih pake hadits dan ayat qur'an tapi aku ga bawa buku jadi gabisa catet :"D

Ih bener banget, ya. Ku merasa diri ini terlalu kotor, gak pantes banget lah. Terus ngerasa ku terlalu newbie dibandingkan yang lain. Nol pengalaman. Like literally Nol. Tapi yaa.. harus semangat menjalani ini. Harus menikmati tiap proses yang ada disini. Karena sesungguhnya what matters is the process itself, right? Pokoknya, nida harus selalu ingat bahwa nida sangat hina dan kotor dengan segala dosa yang ada. Terlalu hina buat qur'an yang mulia? Oh tentunya. Tapi that doesn't mean you can't do this, okay? Bismillah, luruskan niat. Buang semua keinginan duniawi, hapus semua pengharapan kepada makhluk Alloh, fo-kus mengejar mimpi!





To infinity and......... beyond,
Nidi

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe