Finals are over! (7th term)

03.09.00

http://40.media.tumblr.com/e6a8e2dfd542e93dedba397b87a436c6/tumblr_n4sj81xQ0i1sgy1x4o1_500.jpg

Alhamdulillaah, Finals are over.
Syeneng banget rasanyah. Barusan finally abis kelar ujian langsung makan di kantin sama 3 orang senior kawung sambil ketawa-ketawa, ngomongin ini itu, termasuk soal beasiswa fasilkom.
Trus tiba-tiba salah satu dari mereka (cewek) bilang gini:

"Nid lo kenapa sih lucu banget twitnya"
"He? Lucu apaan ka?"
"Itu! Mas-mas Pehade!"
"Ih. PI EICH DI, bukan pehade"
"iya dah terserah lu. masa ya, cowok gue malem-malem tiba-tiba ngewhatsapp gw bilang 'liat twitternya nida deh, ay. Lucu banget dia galau masalah mulan-maia, trus bilang mas-mas PhD. Aku kira itu siapa, ternyata itu ceritanya suaminya dia nanti WKWKWK ngakak aku' gitu"
"HA DEMI APAH.  aduh kenapaa kenapa dia baca. beneran dia bilang gitu?"
"ya lu postnya di twitter. nih lu liat dah nih chat gw sama dia"
*baca*
*shocked*
*ikutan ketawa*

Hahahahaha kenapa yah, kenapa orang kayak si cowoknya temen gw (yang juga anak fasilkom) bisa-bisanya ketawa gara-gara hashtag mas-masPhD dan ibunyakrucil wkkwk. Padahal ni cowoknya beneran gadeket sama gue dan anak gaul gitu. Bisa-bisanya dia :))
Ini bukan pertama kali orang yang ketawa jungkir balik sama kehidupan gue yang emang nyampah banget WKWK. gue bingung, menurut gw itu biasa aja dan malah tergolong annoying, tapi ada aja orang yang ketawa-tawa. Yauda alhamdulillaah deh semoga menghibur ye.

Yaudah sekarang mari kita review bagaimana khoirunnida menjalani UAS 7 mata kuliah di semester ke 7 ini.

Manajemen Sistem Informasi (MSI)
Belajar 2 hari sebelum UAS dengan cara baca slide yang udah di-print. Sorry banget, lingkungan. Aku emang paper-oriented banget orangnya, ngga suka baca e-book gitu-gitu. Ujiannya 6 chapters. Seperti ujian anak Sistem Informasi pada umumnya, ngapal banget. Jadi gue suka bikin singkatan-singkatan gitu. Misalnya: HoDePEH (Host-based, Decentralization, Peer-to-peer, Enterprise system, Hybrid system). Nah, kadang gue suka lupa istilah yang udah gue buat gitu, loh. Bahkan suka ketuker sama yang lainnya ahahah. Ujiannya alhamdulillah berjalan normal alias bisa coti-coti ahahaha. Tapi ada satu nomor yang gue clueless banget like ga pernah baca: jenis-jenis webservices.

 Dasar-Dasar Audit Sistem Informasi (DDASI)
Ada 5 chapters yang diujikan. Gue ngeprint slide juga. Belajarnya H-2 hari... dengan cara dibaca aja, dipahami. Karena ujiannya PG + Benar-Salah kata bapaknya. Nah karena slidenya kaya cuma keywords gitu, gue jadi harus liat catatan + browsing di internet + nanya-nanya temen untuk tau apa yang dimaksud dengan keyword tersebut. Grup kudet membantu banget deh... H-1 ujian DDASI isi grup itu kaya diskusi mengenai materi gitu. LUVV KUDET. Pas ujian, alhamdulillaah ga se-clueless pas UTS. Lebih common sense gitu ujiannya... Tapi menjebak gitu juga sih. Takut juga.

Komputer dan Masyarakat (KOMAS)
Ini ujiannya take-home dan case-based. Syuka banget deh.. Tapi karena gue lagi dikejar belajar ujian yang lain (plus kebanyakan distraksi youtube), jadi gak maksimal. Ga terlalu banyak referensi ilmiah yang gue cari, dan sebagai asdos Penulisan Ilmiah, gw tau banget sebenarnya banyak logical fallacy. Tapi karena udah capek gitu ngerjain ini like 2 hari, yaudah gue submit aja deh. Submitnya H-3 jam :"") #PASRAH

Topik Khusus Sistem Enterprise (TKSE)
Percaya ngga, ini satu-satunya ujian yang gue gak belajar sama sekali. Like, sama sekali ngga belajar karena waktu gue habis sama KOMAS. Trus emang clueless soal maetrinya apa. Soalnya ini kan kelas case-based gitu ya jadi gada materi. Eh pas soalnya keluar, alhamdulillaah lancar bisa coti-coti karena soalnya tentang case yang udah pernah dibahas +  konsep cloud computing sedikit hahaha cuma 50 menit waktunya. Temen-temen gw ngeledekin "udahlah nida, lo ngga usah belajar kan udah pasti A nilainya". Iya, jadi dulu pas lagi seleksi delegasi lomba ISCC di kelas TKSE, dosennya encourage mahasiswa buat ikut seleksi delgasi gitu dengan bilang kalo nanti ada yang sampe babak final (debat), nanti nilainya dinaikin 1 huruf. Nah karena gue dan tim pada akhirnya menang, temen-temen jadi mikirnya pasti dapat A. Padahal mah.... belum tentu. Ya kalo nilai gue pada awalnya C, yaudah dinaikinnya jadi B. Jadi ya base-nya harus dibagusin dulu biar A wkwkwk syemoga aja deh ya. Suka banget sama kelas ini! Best class ever!

Manajemen Keamanan Informasi (MKI)
Ujiannya boleh bawa catatan sebanyak-banyaknya asal tulis tangan,gak boleh ngeprint/buku. Ada 5 chapters yang masuk ujian. Nah gue baru bikin catatn + baru belajar itu jam 12 malem di hari sebelumnya gitu. Like, H-6 jam baru belajar karena sebelumnya bobo plus nonton Wolverine HAHAHA. Agak selow karena PG gitu. Eh ternyata.... soalnya common sense gitu, catatan ngga ngaruh banyak. Jadi mikir banget tuh di kelas, gue ngerjainnya lelet gitu karena sampe bener-bener mikir lah. Bener-bener 2 jam banget ga keluar duluan. Alhamdulillah semalamnya gue tidur sekitar jam kan (iya belajarnya cuma dari jam 12 malem sampe jam 3 pagi, wkwkwk uas macam apa). Karena udah tidur, jadi bisa mikir pas di kelas. Tapi tetep ga pede juga, sih.. Pertanyaannya menjebak banget.

Supply Chain Management (SCM)
Ini lah puncaknya khoirunnida di semester ini. Gue takut banget ga lulus SCM karena berdampak sama waktu kelulusan gue. Kalo gue ga lulus ini (naudzubillah), gue 4,5 tahun kuliah. WHICH IS GABOLE BANGETTTTT. Gue ngerasa UTS gue ancur banget (padahal nilainya belum kelaur sampe sekarang), karena gue abis keluar dari RS trus ikut susulan gitu dan gue beneran dalam state dimana gue kalo belajar itu pusing. Jadi ngga ambis gitu, deh...... Pasrah banget. Makanya gue tau banget gue UAS harus bagus banget banget malah kalo bisa 110 tuh nilai (iya nilai maksimal 110). Jadi, gue belajar UAS SCM ini more than 2minggu sebelum ujian gitu. Dan gue baca bukunya yang sumpahhh keren banget. I adore Sunil Chopra deh. 1 chapter itu gue bisa 2 hari belajarnya, paling cepet 9 jam. Tapi, bab terakhir baru gue baca kemarin (H-1 ujian), dari jam 12 sampe jam 9 malem baru kelar baca. Gue ngerjain soal-soalnya di buku juga udah dari lama gitu. Nah ujian SCM kan tadi yah, alhamdulillaah lancar banget. Huhuhu terharu banget Ya Alloh. Ngga pernah selancar itu pas ujian. Tapi, gue tetep takut salah ngitung aja gitu sih ahahaha. Pokoknya doain yah supaya SCM ini lulus dan nilainya ngga jelek-jelek banget TvT  Saking ambis-nya sama ujian ini, gue dari pagi belum makan (lebih memilih ngerjain soal SCM tahun lalu sebagai latihan). Eh pas di tengah ujian, gue pusing banget kaya kurang energi mau pingsan gitu. Tangan gue beneran gemeteran wkwkwk. Tapi dipaksain untuk tetap mikir alhamdulillaah bisa. Ujiannya 2,5 jam banget loh! Seru deh soalnya ngerasa kaya mahasiswa banget gituh yang ujiannya stress-stress menegangkan. Kalopun pada akhirnya khoirun harus 4,5 tahun (naudzubillah), khoirun ga boleh sedih karena udah usaha banget buat kesempatan terakhir ini alias UAS:")


Yay selasai juga yah. Doain yaah biar hasilnya maksimal, aamiin.
Insya Alloh besok mau liburaaan sama keluarga 7 hari trip ke berbagai daerah, keluarga besar banget jadi ini nyewa bis. Sebenernya galau sih mau ikut apa ngga karena:
  1. Ada deadline tugas kelompok MKI tanggal 31 Desember (padahal gue baru kelar jalan-jalan juga tanggal segitu)
  2. Sedang ingin menyendiri, membangun inner peace gue yang telah terkikis akhir-akhir ini. Mau youtube and chilling aja gitu rasanya
  3. Banyak sepupu dan sepupu gue cowok semua karena gue dan adek doang cucu yang perempuan. Gue males banget pake kerudungan seharian :"( Dan yang paling malesnya adalah pasti diomelin dan dibilang "apaansih nida, itu kan sepupu doang. ngapain kaya gitu". ya gimana ya........ namanya jg bukan mahrom T_T lagian perasaan gue udah begini semenjak 3 tahun lalu, teteup aja diomelin juga wkwkw.
  4. Ada dauroh dari FKI tanggal 28-31 Desember. Kangen banget sama temen-temen FKI, ini mau ngumpul gitu. Plus, lagi harus charge diri karena udah jauh dari Alloh nih nida
Tapi tapi, masa gue ga ikut :"(
Pas kapan gitu keluarga besar jalan-jalan, gue ga ikut juga karena lagi lomba di Binus. Hiks, harus cherish every moment with family banget...... lagian ibu pasti sedih kalo anaknya gaikut (LAGI). Trus trus, abi-nya 3 krucils ga ikut, jadi khoirun harus bantuin tante mengurus bocah-bocah yang lucu itu haahahaha. Fix lah bawa laptop buat nugas sambil liburan ini mah :")

Yaudah gitu ajaa.
Trimakasyi syuda mau membuang waktu kalian yang berharga cuma buat cerita gue hahahahah.
Bye! Happy holiday, everyone!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe