30 Hari Lagi

06.03.00



Di H-1 bulan deadline skripsi ini, dosen pembimbing saya menganjurkan saya dan teman-teman untuk ganti aplikasi SEM buat ngolah data. Sebagai anak pembimbing yang berbakti (alias gak tau arah), yaudah deh saya ikut ajaa.. Pindah dari AMOS ke SmartPLS. Siang tadi, Bapak dosbing yang baik banget mengadakan pelatihan untuk menggunakan SmartPLS di lab information management, didampingi oleh 2 orang dosen muda yang cantik-cantik. Uhuy! Saat menggunakan smartPLS, teman-teman saya lancaar banget, udah sampe uji hipotesis malah. Basically, SmartPLS emang jauh lebih gampang dari AMOS sih. 

Tapi... hasil olahan data saya kok minus (loading factornya, if you know what i mean).
Panik doooong saya. Dosbing udah nanya bener atau gak data yang dimasukin, udah reversed atau belom, dsb. Saya bilang, "udaaah paaak udah banget". Dosbing pun pusyiiing, bukan hanya karena hasil olahan saya yang abnormal ini, tapi teman-teman lain pun nanya banyaaak banget sama dosbing ahahaha. Semoga Alloh terus memberkahi Bapak..... baik bangeet deh, Pak!

Waktu mulai berlalu, hingga pukul 13:30. Saya harus cabut buat belajar kuis knowledge management yang mulai jam 14:00. Kondisi saat itu adalah saya belum belajar sama sekali! Di sisi lain, olahan data SmartPLS saya juga masih belum benar.

Galau kuadraaat. Air mata udah mulai di ujung mata. Lebih tepatnya, udah nangis di kamar mandi LOL! *just nida* *memasuki minggu-minggu cengeng* *harap maklum*

Bismillaah.. akhirnya saya memutuskan untuk cabs duluan dari pelatihan SmartPLS.
Saya ke lab Tugas Akhir di gedung lain.. tapi begit sampai, mau belajar juga udah mumet, udah pusying. yaudah deh pasrah aja. Akhirnyaa saya ikut kuis KM dengan kondisi enggak belajar, alhamdulillaah keisi semua. Tapi jawabannya............ ngasal hahahahha  #BYE #IP4.

Setelah kuis KM, saya memutuskan untuk kembali berkutat dengan SmartPLS. Saya benar-benar ulang convert data ordinal ke interval, remove data outlier di AMOS, terus baru import ke SmartPLS. Dan hasilnya................ alhamdulillaah gak minus lagi loading factornya!! Langsung giraaang, he he.. 
Kemudian saya email dosbing, terus dosbing bilang, "Kok mendadak gak minus lagi?".

Duh, jadi malu...

Intinya mah apa ya.. Nggak tau kenapa skripsi ini mengajarkan saya untuk percaya dengan Alloh dan percaya dengan diri saya sendiri. Bahwa saya bisa, biidzinillaah! Walaupun entah kenapa rasanya mau  banget cerita ke seseorang tentang skripsi in a romantical way (#jomblo), cerita ke Alloh tuh lebiiih melegakan. Pokoknya, saya sayaang banget sama diri saya yang udah memilih untuk berjuang seperti ini! :-)

Saya percaya kamu, khoirun. Kamu pasti bisa, biidznillah. Kita pasti bisa :)

SEMANGAT H-30 DEADLINE SKRIPSI, SEMUANYA!

You Might Also Like

2 komentar

Subscribe