Does Hijab stop your dreams? (2)

00.14.00





Mau cerita tentang pengalaman saya tentang hijab, edisi dua.


Gini, semenjak pakai kerudungan di tahun 2011 itu entah kenapa saya jadi dekat dengan anak remaja masjid di SMA. Walaupun awalnya saya nyinyiiir banget dalam hati, like kenapa mereka harus rapat di dalam masjid yang dibatasi pake hijab kain full dari langit-langit masjid sampe lantai. APA ESENSINYA?! Terus, kenapa beberapa dari mereka pake kudungan dobel-dobel? Terus, kenapa kalo ada yang deket dikit sama cowok langsung ada aura-aura judgment di sekitar? Kenapa?

'til I finally understand about syari'at islam. and try to accept it. 

There I was, di bulan-bulan Mei 2012 sudah mulai aneh. Sudah mulai pake kudungan agak bener, gak lempar lagi. Walau masih aja pake kudungan paris selembar ha ha ha. Pada masa-masa itu, Devita (ketua keputrian Remaja masjid SMA) lah yang selaluuuu dukung nida. Huhuu.. Alhamdulillaah akhirnya Alloh beri hidayah ya pada saat H-1 bulan mau masuk kampus, kira-kira bulan Agustus ya. (The Day, bukan registrasinya yah). 


Saya memutuskan untuk.... pakai rok! dan membenahi kudungan saya.


Ini galaunya banget-banget loh. Saya ini bukan jessica alba yang cantiknya masya Alloh. Saya tau kalo saya pakai rok itu pasti saya akan jauh terlihat lebih jelek. Aslinya aja udah jelek, ini mau pake rok.... tambah keliatan gendut deh. Oh noooo. Percaya deh sama saya, it was like a nightmare. 

Daaaan, saat itu saya benar-benar gak punya rok kecuali rok SMA! Bahkan, saya akhirnya keluar rumah pun pakai rok SMA warna putih sama teman, saking gak punya roknya, ha ha. Saat itu, uang saya tipis banget karena saya udah gak jualan lagi (dulu di SMA saya jualan btw), mau minta uang ke ortu pun gak mungkin... saya gak berani. Takut diomelin karena mau pakai rok, ha ha. 

Akhirnya, bismilaah. Saya punya uang sekitar 150-200k, saya minta temani teman SMA saya yang namanya Shanny untuk beli rok di pasar loak Senen, suatu hal yang kalo ibu saya tau pasti saya akan sangat dimarahi, belanja secondhand itu gak banget buat ibu saya. Ha ha ha bandel yaah gue. Alhamdulillaah dapat 3 pieces rok kalo tidak salah. 
Dan ya, akhirnya rok-rok itu lah yang menemani saya selama kurang lebih 1,5 bulan. Benar-benar itu-itu aja, gada yang lain, ha ha ha. Kalo kerudung, saya pakai yang double-double gitu loh. Semoga Alloh berkahi shanny&devita dimanapun mereka berada sekarang.... mereka yang selalu dukung nida untuk pakai jilbab di awal dan bahkan support saat nida mau berubah :)


Was it fine?
Nope. No at all..

Selain saya harus berjuang untuk menerima diri saya apa adanya, well... menerima kenyataan bahwa i am ugly and that is okay, saya juga harus berjuang untuk menahan diri saya dengan sakitnya omongan orang di luar sana, include keluarga saya sendiri. Saya udah biasa kok denger kata-kata ini dan itu. Makanya kalo kamu lihat post di blog saya ini tahun 2012 akhir, kamu bisa tau betapa saya struggle di masa-masa itu. Saya ini stubborn and weak at the same time. Saya gak mudah digoyahkan orang lain, tapi saya gak akan pernah ngelawan untuk memperjuangkan keinginan saya. Jadi yaaa itu.. ditahan sendiri... walau susah sungguh. Sedih, sih, kalo ingat-ingat masa perjuangan itu.

Saya tidak menyalahkan siapapun. Saya tahu mereka sayang dengan saya dan hanya ingin saya hidup seperti gadis remaja pada umumnya. But I chose a different way, and I am glad I chose it!

Alhamdulillaah, pada masa-masa itu pun saya merasa saya lebih dekat dengan Alloh. Bisa dibilang, perjalanan hijrah saya itu lah yang paling indah. Sekarang pun saya merasa saya tidak sebaik saya pada masa-masa itu. Alloh begitu sayang dengan saya..............

Lebaran tiba! Yay akhirnya ibu saya mau gak mau menerima bahwa saya udah jadi skirt girl, hahaaa. Jadi deeeh dibeliin baju baru yang bawahannya rok. Alhamdulillaah, syenang! Ya pas kumpul keluarga sih, masih diliatin sepupu om tante dan lain-lain tentang perubahan nida. Bahkan ada yang nyeletuk:

"Nida udah jadi muhammadiyah ya sekarang?"

Ha ha ha kebayang gak betapa bete-nya saya saat itu? Laah saya kan cuma mau jadi lebih baik, malah dikasih label muhammadiyah, LOL banget siiih.

Waktu terus bergulir, hingga saat ini saya sudah meningkatkan level untuk belajar berpakaian yang benar-benar sesuai syari'at islam. Saya masih belajar pakai jubah kalo ke kampus. Jubah itu term buat gamis sama kudungan panjang gitu, loh, guys. Ada masa-masanya dimana saya benar-benar pakai jubah everyday ke kampus, kadang yaa kalo lagi mau, bahkan sempat pernah sama sekali gak pernah pakai jubah selama satu semester. Tergantung iman :))




Is it easy?
Nope. Not at all..


Saya masih belajar self-acceptance, kaliii. Kalian gak pernah nyangka kan kalo selama ini gue juga ngerasa "Ya Alloh jelek banget sih gua pake ini" tiap gue jalan ke kampus? Saya butuh beberapa menit untuk ngaca dan sugesti diri saya dengan kalimat-kalimat "it is okay to be ugly, world won't stay forever. akhirat does" dan sejenisnya. Saya pun kalo lagi pake jubah terus lewat kaca di kampus itu rasanya mau guling-guling karena menyadari betapa gendut saya ini kalo pakai jubah ha ha ha. I feel totally like a plastic bag or even matroyshka doll from rusia. 

Selain itu, saya juga harus battling dengan situasi dimana lingkungan dekat saya gak dukung. Saya harus pakai jaket kalo berangkat dan pulang, saya gak pernah pakai jubah depan mereka.... supaya gak dilemparin batu kalo mereka sadar saya pake jubah gitu hahahaha canda deeeeng. Partly serious! Walaupun sebenarnya mereka juga tau saya punya banyak koleksi jubah ha haaa:p 
Belom lagi omongan orang, yang ini lah, yang itu lah. Saya sih cuek aja dengar mereka ngira saya ISIS lah, NII lah, apa lah, gak peduliiiii. 

But, what bothers me the most is when people perceive me as a sholehah girl just because of me wearing jubah. GUYS, COME OOOON! Just because I choose to wear it doesn't mean I am better than you. It is just one of my ways to stay on the right path, itu aja. Dosa saya mah lebih banyak dibanding kalian. Jangan expect gue yang macem-macem, deh, seriously. Saya benar-benar takut dijudge sebagai orang yang bener, ketika saya tau saya gak bener banget.

Tapi yaaaudah.
Kalo saya mau dengerin bisikan syaithon betapa gendut saya kalo berpakaian seperti itu, ya sampai mati juga saya gak akan pernah bisa berpakaian dengan benar. Kalo saya mau peduli dengan orang-orang yang nyinyir kenapa saya kadang pake jubah dan kadang engga, yaaa saya gak akan bisa improve dooong. Kalo saya mau nurutin pikiran jelek saya yang menyadari bahwa saya kayak matryoshka doll, ya saya gak akan bisa mulai belajar. Toh hakikat jilbab juga kan bukan buat bikin orang cantik. Udah, cuek aja, deh! (teteep, kadang-kadang dalam hati gak bisa cuek hahaha).

Walaupun saya masih gak bener, saya ada tips nih:
  1. Force your self; Kalo gak lari, yaudah jalan, kalo gakuat juga, yaudah merangkak. Intinya, jangan pernah stuck di tempat yang sama. Terus lah berproses! Jangan sampai kita mah meninggal gini-gini aja *SEDIH*
  2. Surround yourself with sholihah friends. Ini bener-bener ngebantu lho.
  3. Go to majelis ilm regularly niscaya hati kamu akan lebih mantap untuk berproses ke arah yang lebih baik, insya Alloh.
  4. Follow islamic accounts on social media. Biar sosmed kamu isinya gak cuma tentang teman-teman yang gaul, yang ini itu hehe
  5. Be budeg for harsh words outside, but keep your heart soft
  6. Jadi anak yang lebih berbakti deh niscaya orang tua insya Alloh akan nerimooo eehehe
  7. Last but not the least, do'a sama Alloh. minta hidayah sama Alloh. Kamu atau saya gak akan bisa begini atau begitu tanpa izin dari Alloh. Semuanya ituuu karena-Nya :")

Ohya, banyak yang nanya: seberapa berpengaruh sih jilbab saya dengan mimpi saya?
Saya harus jawab jujur ya... ada pengaruhnya. Saya jadi lebih aware dengan mimpi-mimpi saya. Saya mulai mengeleiminasi mimpi-mimpi saya yang tidak align dengan syari'at islam. Well, I'm trying.
But, my hijab doesn't stop my dreams. Karena saya tau, mimpi terbesar saya adalah untuk jadi orang yang bermanfaat dan masuk syurga :")

Take a look at me.
I wear hijab and I still have lot of friends beside me.
I wear hijab and still got some achievements.
I wear hijab and still have dreams to reach.
I wear hijab and still do blogging.
I wear hijab and still pursue my dream to become a lecturer one day!

This hijab is not the end of everything.
It's a brand new start to face this hard life. I'm not that good as you think. I'm in the process to be a better muslimah. For that, Pray for me.
Dear friends,
Ask your heart now. Don't you love Allah Jalla Jalaluhu and Rasulullah Sholallahu 'alaihi wa sallam? Do you want seeing your parents get punished there? Or at least, Do you know when will The Day come to you? LET'S BE BETTER!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe