Meet my team: Morsel

12.17.00

Hi!

Mau cerita tentang Morsel.
Jadi, Morsel itu terbentuk sekitar bulan Juni 2015. Morsel itu artinya tiny pieces hahaaa like butiran debu gitu, deh, ceritanya. Morsel terdiri dari Khoirunnida, Rizda Dwi Prasetya, dan Haritztya Azka. Sebelumnya, masing-masing dari kami emang udah beberapa kali ikutan lomba business-IT case, tapi timnya beda :p
Rizda dan Azka itu pinter-pinter banget parah :")) Walaupun gak pernah define roles explicitly, kami punya bagian kerjaan masing-masing

  • Rizda: more like the one who drives us to define problem, ide-ide solusinya oke banget, jago baaaaanget masalah IT terutama masalah IT architecture, dia yang design presentasi karena dia itu jago banget design, pokoknya the kinda programmer-designer-system analyst package banget sih parah. Kalo di case, dia seringnya bagian ngatur flow presentasi, dan yang berhubungan sama rancangan sistem/flow gitu deh. Ni orang kalo lagi mikir, gabisa diajak ngomong..... gue yang bawel ini dididemin mulu kalo dia udah pusing :)) #INFP Paling suka keliatan nervous, tapi giliran presentasi, lancar hahahaha public speakingnya oke juga menurut gw
  • Azka: ini orang kritis banget, dia itu yang paling jago membatasi scope permasalahan, selalu ngeliat masalah dari sudut pandang lain yang bahkan gw gapernah ngerti gimana caranya dia bisa mikir gitu, jagooooo parah IT side-nya, nah menurut gw dia yang paling bisa align permasalahan IT ke business sih. Business sense-nya oke banget..... Financial analysis udah makanan dia, implementation strategy juga. Azka ini mukanya kaya kartun gitu gw sering banget bilang ke dia :)))) Yang paling sering bilang "lu sih nid ah gimana nih" terus ketawa-ketawa ngeselin. Tiap mau presentasi, dia yang paling nervous, padahal presentasinya selalu bagus-bagus aja hahahah.
  • Nida: UDAHLAH. Gada lagi kerjaan gue selain presentasi, gangguin mereka mikir, tiba-tiba kasih ide gajelas terus kalo ditanya blabla pasti gw cuma jawab "eh iya ya gatau deh" terus ketawa-ketawa gajelas. Kalo udah masalah IT archicture dan teknologi kekinian, khoirunnida angkat tangan. Mereka udah ngerti banget gw odong masalah gituan ... jadi kalo case-nya tentang itu, gw diem aja :") Bagian gw biasanya risk and improvement analysis dan yang masalah humanity haha. Orang yang before presentasi selalu paling selo dan motivated like "udahh kita bisa kok! solusi kita bagus!", terus lari-lari kesana kemari ceria-ceria aja.. Tapi, pas kelar presentasi... langsung demotivated level 1000 dan selalu bilang "gila! kalo ga lolos, ini salah gw ancur banget prsentasi gw" :")

Gue udah lumayan banyak ngerjain case bareng Morsel. Like, udah 7 cases gitu. Dari lomba + kelas TKSE (Topik Khusus Sistem Enterprise yang sekarang matkul-nya latihan business-IT case mulu). Kalo lomba yang udah kami ikuti adalah:

IT Caso (Binus University reguler)

Lombanya ada 2 fase, penyisihan dan final round. Kedua fase tersebut dilaksanakan on site. Waktu yang diberikan panitia untuk kerjain case-nya adalah 3 jam. IYA, 3 JAM BANGET ngerjain case yang belasan lembar plus harus bikin presentasi. Pas babak penyisihan (hari Sabtu), case-nya tentang change management. Nggada IT-IT nya sama sekali. Solusi kita mah seadanya, yaiyalah 3 jam. 1 jam pertama kita udah susun solusi + flownya mau gimana. Selanjutnya, Azka ngerjain financial analysis dan business process diagram di laptopnya. Rizda masukin ide yang udah kita buat pertama di presentasi dan memperdalam itu. Nah, gw cuma mondar-mandir menyemangati mereka dan bacain draft solusi ke rizda hahahahahha ga megang laptop sama sekali parah.......

Pas presentasi, udah ngerasa fail karena solusi morsel yang related to IT dikit. ahhaha agak aneh juga siy..... padahal kan emang sbnrnya tentang change management? hmm tapi mungkin karena business-IT competition jadiyaa emang harus banyak porsi IT untuk solusinya kali yah. Selain itu, fail karena banyak slide dari presentasi-prsentasi lain yang nyempil ahahha ancur banget lah tiba-tiba lagi prsentasi change management eh ada slide Business Intelligence.
Pokoknya, udah ngerasa gakan lolos banget. Sampe pas diumumin lolos 5 besar (di sore harinya), gw beneran nangis dikit hahahahahhaaha.Yang masuk final, 4 tim dari UI dan 1 dari ITS ;) Tim dari UI ada timnya Saqib (lupa namanya, ada saqib-dya-haidar aji), Lucretia (dahru-kei-ojan) dan timnya fitri (lupa namanya, fitri-dedek-febra).
Trus besoknya (Minggu) final. Gue telat bangun karena malamnya malah begadang haha hihi sama anak2 kontrakan huuft! Sampe disamperin Rizda ke kontrakan gw hahahahahha karena telat bangun :") Janjian jam set 7, eh jam 6.20 baru bangun. Itu chaos banget parah. Hampir ga mandi :")  Trus mana baju dan kudungan gw belom disetrika (contoh kehidupan anak kontrakan yang nyuci sendiri). Akhirnya, si intan dan viny yang bilang "udah lu mandi buruan! gw yang nyetrikain baju lu". Hahahah dengan iming-iming "aaa thank you banget cuuuy, gw traktir kalian pecel pincuk kalo menang ya beneran!"

Terus, yap, kami telat.
Waktu untuk ngerjain case-nya kan 3 jam, nah kita cuma kebagian 2,5 jam jadinya. Selama perjalanan di mobil Azka, gw udah disiksa secara mental oleh mereka. "kalo sampe ga menang, ya gara-gara lu lah". hahaha syiaul emang niy anak dua.
Case final nya tentang IT improvement suatu perusahaan gitu. Dalam waktu 2,5 jam itu kami produktif banget. 45 menit define problem + solusi + strateginya gitu semuanya. Trus selanjutnya, Azka bikin sesuatu gitu (lupa) dan business process diagram (ini takes time banget loh bikinnya) , Rizda breakdown solusi (tentang Software as a Service) dan flownya, dan gue.... bantuin pilihin kata2 untuk ditulis di PPT, risk and improvement analysis dan financial analysis (yang mana ga pernah gw kerjain sebelumnya! nanya azka mulu jadinya wkwkw). Terus, gw throw idea untuk pake story di awal presentasi, tokohnya namanya Mr.Vijay hahahaa gara-gara ini background case-nya di India terus kita mikirin inspektur vijay yang serin ada di film india. And that idea turned out kinda brilliant (akhirnya nida lumayan berguna).
Nah pas presentasi, gue ngerasa oke. Solusi kami bagush lumayan menurut gw, lumayan lengkap di berbagai aspek (ya dgn consideration cuma dikasih waktu 3 jam yah maksudnya). Trus, prsentasinya juga lancar. Judges suka dengan alur presentasi kami, dll. Tapi yang bikin ragu adalah, kayaknya judges-nya kurang nangkep solusi kami yang berupa Software as a Service alias SaaS itu. hmmmm berarti emang salah kami yang presentasinya kurang manusiawi bahasanya hmmmm.

Setelah ragu-ragu gitu, eh.......... alhamdulillah menang juara 1! Gak nyangka banget!
Juara 2-nya Lucretia (Dahru, Kei, dan Ojan). Juara 3 dari ITS.



 National Business Case Competition (UNPAD)

Daftar doang, wacana parah. Emang kurang semangat sih entah kenapa huahahaha. Emang pesimis juga kalo Business case (bukan business IT case), masalahnya analisis anak FE pasti jauuuh lebih jago dari kami huahauaha.
Ilang deh tu duit untuk registrasi.

BuzzIT / Business-IT Case Competition Compfest (Fasilkom UI)

Kandang sendiri, cuy.
Case-nya tentang mobile payment. Baru ngerjain H-1 deadline lomba di kampus, itu juga ngerjainnya dari jam 2 siang. Sebenarnya, kesalahan ada di gue yang ga baca case. Literally gw cuma baca halaman depan dan belakang yang contains problem tapi gw gangerti the whole case-nya expect apa. Jadilah Rizda dan Azka yang capek. Udah gitu, gw kan emang odong masalah  teknologi terkini ya (PARAHGAPTEK). Setelah dijelasin berkali-kali, gw tetep gangerti teknologi2 mobile payment yang ada di case gimana aja hahahha.
Sebenernya solusi kami bagus, tapi ga align dengan objektif utama yang di-expect sama case, yaitu customer satisfication. Tinggal di-polish aja harusnya kalo kata Pak Rifki.
Tap yaa tetep, jelek. Trus kami ga lolos babak penyisihan hihihihi agak sedih sih.

Information System Case Competition (Binus university international)

Untuk daftar ini, kami harus melalui seleksi internal dari fasilkom, di kelas TKSE. Case yang dikasih tentang change management untuk IT governance. Ini gw suka banget deh sama case-nya karena soooo me gitu (#belagaoke). Case-nya emang expect orang untuk pitching. Pokoknya ngerjain ini niat banget deh Morsel (guenya alhamdulillah baca case berkali2 hahha). Trus presentasi dan alhamdulillah kepilih jadi delegasi Fasilkom.

Trus udah kan mulai daftar ISCC, nah kami daftarnya H-3 penutupan deadline registrasi gitu haha parah khoirunnida emang deadliner. Terus, H-1 lomba ada technical meeting...gue datang ke Binus JWC yg ada di samping Sency sendiri. Pas sampe disana.... krik krik gada peserta lain cuma ada panitia doang hahaha betee.

Anywa, This is Morsel's first competition using ENGLISH fully. Ohya selain Morsel, Rolling eyes consulting (Bani, Jodi, Kei) juga mewakili Fasilkom di ISCC.
Then, the competition begun!

Hari Pertama (28/11/2015).
Azka telat bangun! Akhirnya khoirun dianter emak ke Binus JWC di samping Sency, dan Rizda ke senayan naik motor dari depok.  Pas datang, waah ketemu muka-muka lama! Ada Afi teman dari Accenture Future Leader, Dila yang menang lomba Compfest7 kemarin, Dinda dan Adrian yang sekarang jadi coach! terus juga ada Silvy yang ikutan APEX. Galau doong gue pas liat mereka... hahaha mereka jago jago banget, cuy.

Setelah registrasi, dll. ada rangkaian pembukaan dan presentasi dari sponsor acara. Karena kemarinnya  begadang ngerjain tugas dan gak tidur sama sekali, gue curi-curi tidur pas sesi ini hihihi.

Setelah briefing dll sampe akhirnya pindah venue ke Binus square (hotel) di kemanggisan sekitar pukul 17.00. Terus kami istirahat, makan sore, dll. Peserta dikasih waktu 11 jam to solve the case and only permitted to use ONE LAPTOP. Peserta diwajibkan buat presentasi sebagai solusinya. Selain itu, short proposal dan prototype juga boleh dibuat, hanya saja bersifat opsional.

Casenya dikasih sekitar pukul 18.00, nah setelah dapat case kami langsung diskusi gitu. Case-nya tentang how to solve Indonesia's problem in facing AFTA with IT gitu.
Yaudah akhirnya kami diskusi gitu tentang casenya dan mau bikin solusi apa. Akhirnya ditentukanlah  bahwa solusi kami adalah:



Kami baru kelar diskusi kalo ngga salah jam 20.30. Trus nulis apa aja gitu kan yang mau dikerjain, bikin sistem informasinya gimana. Setelah draft super kasar yang ditulis di kertas itu jadi. Kami bagi-bagi kerjaan. Dari awal, kira-kira pembagian waktunya begini:
  • 18.00-20.30: Define problem, determine scope, define solution. Ditulis di kertas semuanya
  • 20.30 - 01.00: Rizda bikin prototype (using photoshop sama apaan gatau), Azka bikin implementation strategy dan financial analysis di kertas, Khoirun buat pemetaan problem, value, feature di sistem dan how it works + risk and improvement analysis Semuanya ditulis di kertas. Di waktu ini, khoirun nulis sambil bobo di kasur sambil menghadap ke tembok terus curi2 tidur hahahahah like tidur ayam gitu deh 30menit #MAAFINNIDAK
  • 01.00-02.00: Khoirun bikin outline presentasi di laptop, masukin hasil pemikiran gw yang udah gw buat di kertas, terus azka juga masukin hasil kerjaan dia dari kertas ke laptop. rizda gw suruh tidur tapi dia tidur-tidur ayam
  • 02.00-04.15: Rizda design presentasi di laptop. Dia juga revise kata-kata yang gw masukin ke sana karena gw ternyata bikinnya  ngaco gitu kalimatnya wkwk sambil ngantuk. Nah saat rizda ngerjain presentasi itu, gw dan azka tidur. Gw bangun jam 3 kalo gasalah smbil kaget gitu gaenak sama rizda (gw tidur 1,5 jam-an berarti). Gw bangun sambil bikin script buat gw opening trus request rizda untuk cari gambar ibu-ibu buat dijadiin story di awal. Trus gw bengong sambil ngemil hahaha. Kata rizda "udah lu tidur aja, ga ngapa-ngapain juga. entar gantian tidur". Tapi gw gabisa tidur jadi yaudah gw ngeliatin rizda kerja, si azka tidur pules
  • 04.15-05.00: Azka bangun, trus kita input data yang kurang gitu bareng-bareng sama rizda. Setelah 15 menit udah input data, rizda gw suruh tidur di kasur. Gw dan azka polish yang kurang-kurang di presentasi. Tapi si rizda ga tidur beneran, cuma tidur ayam gitu dia bilang dia gabisa tidur
  • 05.00-05.20: Gw bikin short proposal hahahaha ini basically copas dari presentasi aja. Yang penting ada short proposal gitu buat dikasih ke juri!
  • 05.20-06.00: Kita bukannya tidur malah ngomongin pekerjaan kedepan dan marriage :)) Hahaha syampah banget emang. Trus gw jadi tau pikiran mereka sebagai cowok tentang marriage gitu, deh. Hmmm udah tau ya udah 21 tahun omongannya nikah moloe pusying gw. 
  • 07.00: kumpul sama peserta lain untuk caw ke Binus JWC Senayan. Morsel dan Rolling eyes consulting naik mobil azka, ga bareng peserta lain. 

Hari kedua (29/11/2015)
Gw khawatir banget sama Rizda karena basically dia yang paling kurang tidur banget. Jadi gw nyuruh dia tidur di Sampe Binus JWC sekitar jam 7.20. Kami dapat presentasi di ruang 308 urutan ke-2, Rolling eyes consulting (delegasi UI juga dari fasilkom) di ruang 309 urutan pertama. Semua peserta dikumpulin di ruang aula besar gitu. Selama masa menunggu, kerjaan gw adalah ngobrol hahaha. Terus pas AZ Team dipanggil (mereka ruang 308 juga urutan 1), gw udah mulai deg-degan. Karena gw tau mereka goks pinter banget. Trus 15 menit setelahnya, Morsel dipanggil. Pas gw ngintip ke ruang 308, OH MY GODDDDD JURINYA NATIVE. Pas gw liat ruangan 309, jurinya lokal :__) Disitu gw udah deg-degan banget karena:
  • juri native: Director of PWC, Technical advisor of PWC, CEO Mediatrac dan CEO NetApp
  • yang presentasi sebelum Morsel adalah AZ Team dari ITB yang menang comfpest7 kemarin dan pinter banget dan englishnya gilak lancar banget. Gw takut mereka create high standard before us gituloh
Tapi, karena khoirun suka menyembunyikan perasaan aslinya (haha), gw terlihat ceria-ceria aja diluar. Gw cukup motivated juga sih like yaudah morsel udah did the best dan tinggal pasrah dan doa aja. Trus, rizda dan azka looked nervous jadi gw gaboleh nervous kan. Gw menyemangati mereka terusss (and this is how I motivate my self too). Gw lari-larian, ketawa-ketawa aja. Trus Morsel berdo'a sebelum masuk ruangan dan bilang "sometimes we win, other times we learn. Don't worry and let's do the best!".

And yeah, the presentation begun.
Azka-Rizda sebelah kiri monitor, khoirun sebelah kanan. Saat gw diri dan siap presentasi......... DUARRRRR gw keingetan APEX Biz-IT Challenge di Singapore bulan Mei lalu dimana gw failed. Gue-ma-ti-ba-nget. Gue kaya flashback ke memori yang ancur gitu dan I lost my words. Bukan diem gitu sih tapi lebih ke ngomong kemana-mana gada arah. Harusnya gw ngejelasin story untuk opening itu cuma 0.5 menit, NAH INI GUE SAMPE 2 MENITAN. Gila, seancur itu banget. Gue nengok ke Azka dan Rizda like crying for help "OMG Guys I don't know what to say anymore" and those guys smiled at me like saying "Come on, Nid!!! You can do it!!". That helped a lot!! Really love my team. I tried to fix everything after that. Kesalahan ada di gw karena gw ngapalin script buat yang opening. Trus, bagian rizda presentasi. Pas rizda prsentasi I was like trying to get my self back gitu loh. Trus bagian azka, kan. Nah closing ada di gw lagi, gw kebagian ngjelasin risk and improvement analysis, financial analysis dan closing statement. The Nida was quite back gitu. Gw lancar aja prsentasinya and I literally got no script for that one. Trus, pas sesi tanya jawab, alhamdulillah kami bisa jawab berbagai gitu. Tapi ada satu hal yang ngena banget, Tech Advisor dari PWC nanya: "I am afraid your solution will make those SMEs driven by investors and there will be no business independence, how do you manage that?". HAHAHA OMG this almost feels like....... capitalized?
Azka yang jawab pertanyaan itu akhirnya, dia jelasin tentang value for both stakeholders dan ngejelasin how it will work gitudeh.

Keluar dari ruangan presentasi, khoirun stress parah. demotivated banget and kept telling the others that she was really bad at opening and ruined everything. At that moment, I was 95% sure we couldn't make it. LO morsel terus menyemangati kami dan dia bilang "tadi aku liat jurinya nulis great perfomance kok kak di kertasnya! beneran!" 
Tapi yaa tetep berpikiran itu bukan buat morsel ahaha.
Kalo ditanya orang, pasti gue jawabnya ya morsel nggakan lulus dan lain-lain. Sambil menunggu pengumuman, gue, Kei, dan ciwi-ciwi dari ITB ke musholla untuk.... tidur! Beneran ngantuk banget parah, alhamdulillah tidur 1 jam dan membuat gue agak berenergi kembali. Udah siap buat makan-makan baper kalo misalnya gak lulus ke final.

Pengumuman dimulai. 
Morsel lulus ke babak final!
Waw, beneran gak nyangka banget. Senengggg banget dan agak ngerasa gaenak karena selama 2 jam sebelumnya gue udah grumpy dan told everyone morsel gakan lolos.... itu bukan maksud ngetrap loh yaaa hiks.
Tapi ya.... Gue, azka, rizda beneran cuma bisa ketawa dan gak habis pikir kalo kita beneran masuk final bersama 2 tim dari Binus, yaitu: Eksmud dan Tanyakami. Too bad, rolling eyes consulting gak masuk final huhuhu.

Babak final di ISCC ini unik, karena pake konsep semacam debat. Jadi, finalists diberikan waktu 45 menit untuk compose presentasi selama 3 menit tentang solusi yang akan di bawa, like a pitching gitu. Setelah itu, akan ada segmen tanya jawab dari moderator, dari juri, dan dari finalist lain. Di segmen tanya jawab ini, moderator menentukan giliran secara random. Ohya, we still have to speak in english dan ini terbuka... bisa diliat semua orang termasuk panitianya yang banyak banget itu.

Morsel gak bikin presentasi baru. Kita hanya pilih slides dari presentasi sebelumnya yang penting-penting  untuk ditaro di urutan awal. Jadi, basically filenya sama... hanya saja urutannya yang diatur.

And the final session begun......
Morsel mendapat urutan terakhir untuk pitching. Kalo tim lain hanya mendelegasikan satu orang untuk pitching, Kami melakukan pitchingnya bertiga, ganti-gantian gitu ahaha. Agak aneh, sih, di bagian ini... tapi ya gapapa.... kita udah sepakat gitu soalnya.
Alhamdulillaah, yang buat morsel agak (agak loh yaaa) stands out dibanding tim lain adalah solusi kami beda di antara keduanya. Kami pilih bangun INSIST for SMEs empowerment to prepare Indonesia in AFTA, simple-nya karena SMEs ada di semua sektor industri dan efeknya bisa lebih broad, dll gitu deh. Nah, dua finalist lain itu solusinya mirip! Solusi mereka adalah membuat sistem informasi tentang pertanian gitu, deh. yupp mereka pilih sektor pertanian aja....

Setelah segmen pitching, masuk lah ke segmen tanya jawab.
Di segmen ini, finalists bener-bener harus tangkas gitu, deh. Karena bisa tiba-tiba ditunjuk gitu aja. Beberapa kali gue kaya bengong gitu dan tiba-tiba ditunjuk, kaget! haha. Jawabnya ganti-gantian. Alhamdulillah bisa jawab aja gitu, walaupun kalo gue emang orangnya cenderung yaudahhh yang penting gue jawab dan pede ahahhaa. Tapi, ada beberapa pertanyaan yang i have no idea what to answer, nah karena ada mic-nya di gue.... ya gue terpaksa diri dan jawab. Hiks..... udah gada malu lagi lah bodoo deh keliatan odong atau gimana ahaha. Tapi, rizda dan azka baik-baik... kalo lagi gini, gue dibisikkin keyword gitu harus ngomong apa. Makasih, cuy!

Pas segmen lempar pertanyaan ke finalist lain, kebanyakan ide pertanyaan dari azka dan rizda sih. Kami nanyanya kebanyakan tentang data validation, data mining sama IT readiness di petani indonesia. And we also stated like, "both of your team do have similiar solution, if both of your systems run in Indonesia, what will happen? and what will you do?". Ini pertanyaan morsel yang paling gue syuka! Walopun finalis-nya jawab ga nyambung :")

The war finished. We did our best and I felt like nothing to lose at that time.
Gak lama setelah itu, diumumin lah pemenang ISCC 2015.

1st: MORSEL (Univ Indonesia)
2nd: Eksmud (Binus reguler)
3rd: Tanyakami (Binus international)


Morsel on stage!


Alhamdulillah, all praise is to Allah.
Gak nyangka banget, banget, banget. 
We wouldn't achieve this without the help of Him! I am proud of us, Morsel!

Thanks to: Our families, Our coach in TKSE class Pak Rifki, mba ika dan ka mpit(love youuu both yang udah ngurusin admininstrasi kami, mwah ! jaajj ahahaha), anak-anak kelas TKSERolling eyes consulting (Bani, Kei, Jodi.. you guys are awesome!), Nando (dude... you might not win this one but sure you have won things you don't even realize!), our LO: Catherineall ISCC committeesseluruh peserta ISCC 2015 especially fellas from ITB (Dilla, afi, mwah you rock!), Dinda dan Adrian peserta ITbuzz compfest 2014 yang sekarang udah jadi coach-nya anak ITB (thank youuuu loh atas motivasi dan snacks pas nunggu presentasi ahaha!), semua anak fasilkom especially INSIST (kalian jadi nama sistem kita loh ahahha thanks ya!).


And yup, ISCC was morsel's last competition together.
Rizda will graduate in february 2016 while... nida and azka are now too old to join more business-IT competitions. We are going to focus on our undergrad thesis (actually kita lelah aja sih hahaha).
Thanks, guys, for the awesome 2015 with you both! Kinda sad kita harus udahan, ya! Maaf ya kalo selama ini kerjaan gue cuma nyusahin dan bawel doang hihi.

 Have a great journey ahead, Morsel! :) :)

Sorry for this long post yaa.. semoga bisa menginspirasi.
Kalo mau presentasi dari solusi lomba-lomba morsel, just contact me. nanti insya Alloh gue kirimin (atas persetujuan azka dan rizda tentunyaaa).

Kalo ditanya junior mengenai resep gw menang lomba business IT case, gue biasa jawab: find the right team mates! 

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe