Berprasangka Baik Kepada Alloh

07.55.00




Alhamdulillahilladzibini'matihi tatimmus shalihaat. Walaupun dua hari belakangan gue gak benar banget hidupnya (include sampai tadi siang), Alloh masih sayang sama nida banget. Masih diberi kesempatan untuk hadir ke majelis ta'lim mingguan this afternoon. 
Di saat hati udah mulai gak bener due to exceed hormones, majelis ta'lim tuh kayak oase banget deh. Nggak salah emang kalo majelis ta'lim itu juga disebut raudhatul jannah: taman-taman syurga. Ngeliat teman-teman sholihah itu rasanya ademm banget dan jadi tamparan buat diri sendiri kenapa masih aja kotor hatinya.

Banyak pelajaran dari kajian tafsir hari ini, tadi sih membahas Al-Baqoroh ayat 234 sampai dengan akhir juz 2. Masya Alloh, baru tau looh kisah nabi Samuel yang ada di Qur'an dan bagaimana nabi Daud mengalahkan Jalut alias Goliath. Wah! Betapa cetek ilmu agama ini. Parahsih. Moga aja bisa rutin bikin notulensi kajian di blog ini deh, biar isi blog ini bermanfaat dan gak cuma tentang hidup nida yang nyampah ini aja :'D

Lesson learned paling berkesan today adalah: bagaimana memaknai peristiwa.
Pernah gak sih kalian mikir kalo sakit yang kalian derita itu adalah sebuah ujian atau azab dari Alloh? Ujian atau azab ya?! Pernah juga gak sih bingung kalo kalian dapat sebuah hal yang baik, itu berarti nikmat dari Alloh atau istidraj ya? (istidraj means suatu pemberian dari Alloh yang looks like nikmat padahal itu cuma diberikan untuk membuat seorang hamba lebih jauh dari Alloh lagi, lebih maksiat lagi, dst).
Gue sering banget mikir gitu. Nah, disatu sisi... kita diajarkan untuk prasangka baik alias husnudzhon sama Alloh. Tapi kalo kita husnudzhon, nah nanti kita alpa dari instropeksi diri karena mikirnya kita mah disayang Alloh mulu. Jadi gimana dong?

Jawaban dari ustadz:
Sebagai seorang mukmin, sikap yang seharusnya kita lakukan adalah HHC alias harap-harap cemas. Kita haruuuus berhusnudzhon sama Alloh. Anggaplah sakit ini sebagai ujian dari Alloh agar kita bisa semakin dekat dengan Alloh. Anggap kita dapat nikmat dari Alloh agar kita terus bersyukur sama Alloh. But on the other hand, kita juga harus cemas. Cemas bahwa sebenarnya kita tuh punya banyak dosaaa......... cemas kalo sakit ini bisa jadi azab kalo kita gak inget Alloh terus.
Ya intinya, tergantung kita menyikapinya, kalo kita mencoba untuk terus dekat dengan Alloh saat kita susah insya Alloh itu adalah ujian, dan kalo kita mencoba dekat dengan Alloh saat kita bahagia... insya Alloh itu nikmat :-)

Satu lagi, kalo kita ditimpa musibah/ujian, kita wajib untuk bersabar. Bersabar means gak ngeluh, ikhlaas, walaupun tetep sedih, ya gapapaa... nah sedangkan, kalo ditimpa musibah/ujian kita bersikap bahagia, itu sunnah aja. misalnya senenggg gitu jadi ada cara untuk melebur dosa.
Tapi, sebaiknya emang tetep bahagia gitu walo ditimpa musibah :')

Sekian, semoga post ini ada manfaatnya walau sedikit.


فلا تعصي إلهك وأطعه
دواما علّ تحظى بالقبول



Love,
خير

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe