Ngasdos semester 8

10.12.00




Hi!

gak bisa tidur gak tau kenapa, hehe.. mau cerita aja, deh.
Alhamdulillahilladzi bini’matihi Tatimmu Al Shalihaat. Entah kenapa hari ini gue merasakan betapa rencana Alloh sangat indah dan selalu terbaik bagi hamba-Nya.

Jadi, seperti yang udah gue ceritakan di blog ini, alhamdulillaah gue diterima jadi asisten dosen untuk 2 mata kuliah: EAI dan MKI. Nah, insya Alloh kerjaan gue di semester depan adalah:

  • Kuliah (skripsi + satu kelas)
  • Ngasdos
  • Qur'an project
  • Bantu-bantu seleksi APEX 2016
  • Road to.... M*PR*S?
  • Les bahasa arab
  • Tahsin
Sebenarnya gue udah deg-degan juga dengan kegiatan itu, tapi insya Alloh... gue bisa! gue pasti bisa!

Semalam, tiba-tiba ada seseorang teman dari Fisika UI yang ngajakin gue ikut startup! Kaget ha ha, kaget karena ni orang masya Allah pinter banget.... gue suka banget berada di lingkungan yang pintar dan visioner gitu, kan. Gue belum bilang iya untuk join, mau tau lebih dalam tentang idenya dulu. Gue juga udah bilang dia sih kalo gue ngasdos 2 matkul semester ini.

Another side, tiba-tiba, tadi pagi gue dikasih tau teman gue kalo kelas MKI eksternal ternyata dihapus... LOL? Kalo kelasnya gada, ya berarti gue gak ngasdos mata kuliah itu.... agak sedih, sih sebenarnya.. 

Nah, siangnya, gue ketemu sama dosen EAI (Pak Q) untuk membahas silabus... Sambil nunggu asdos lain, ada Bapak M (dosen matkul math gitu di Fasilkom yang gw juga pernah jadi asdos beliau). Kemudian terjadi percakapan berikut...

Pak M: Nida, gamau asdos kalkulus atau alin lagi? udah capek ya sama matematika?
Nida : hehe iya Pak (DODOL BGT GUE BILANG IYA CAPEK.. NID KALO DAFTAR LAGI DITOLAK LUH)
Pak M : Mau matakuliah SI ya? Enak ya hapalan?
Nida : iya Pak.. mau coba yang baru

Yup, jadi EAI ini adalah mata kuliah SI pertama yang gue asdosin. Sebelumnya kan gue cuma Kalkulus, alin, penulisan ilmiah dan kaka asuh RPL - Basis data aja paling. Gue excited banget! Gue mau jadi anak SI sejati yang analyze this and that, ha ha.

Back to topic, gue ketemu sama dosen EAI dan beliau menjelaskan tentang silabus dan tugas asisten dosen kedepannya. 
Alhamdulillahi 'ala kuli haal..... EAI padat banget like tiap minggu ada kerjaan plus ngoding semua! OMG.
Iya, ngoding semua labnya. 
Ya integrasi database pake pentaho (ini javascript doang sih dikit), bikin API using java, menggunakan webservice, screenscrapping web, dll.
Itu tugas buat mahasiswanya.
Nah, tugas asisten dosen adalah: membuat soal tutorial dan tugas, include bikin 10 webservice each webservice has 10 functions, bikin 10 webpages, cari dataset dan lain-lain.
Another awesome thing is, gue mau nggak mau jadi koordinator asisten :') :') :') :')

Seluruh anak Fasilkom juga tau kalo gue bukan anak ngoding............... huaaaaaaaaaaaaaa.
Masya Alloh...... kuatkan Nida, Ya Alloh!
Pak M, kalo gini mah mendingan saya bikin soal aljabar linear aja rasanya, Pak :'(

I expected EAI to be less technical than this, actually.
EAI (Enterprise Architecture Integration) ini kan belajar integrasi service di sebuah perusahaan gitu, gue expectnya kaya pas tahun lalu gue ambil course ini: like desain enterprise architecture, analysis ini itu, dll.

Eh taunya lebih technical. Masya Allaah.....

Alhamdulillah seneng banget dengan rencana Alloh yang satu ini. Alloh Maha Mengetahui, Alloh tau EAI bakalan makan waktu nida... jadi Alloh membuat Nando dan Kak Isna untuk menemaniku jadi asdos (mereka jago ngoding banget  hiks terharu) terus Alloh membuat course MKI eksternal jadi nggada yang berdampak pada nida gajadi ngasdos course itu:') :') 
Alhamdulillah jadi fokus satu mata kuliah aja khoirun, insya Alloh.

No more nambah-nambah kerjaan insya Alloh. #SKRIPSIKU

Untuk startup, sebenarnya emang gue suka banget sama idenya dan job yang dioffer ke gue: managing director (iye director banget). Gue juga emang mau include di dalam sebuah startup dari nol, dan ketika gue ditawarin gini... gue seneng juga.

Tapi, mungkin gak sekarang kali yah. Gue akan kasih tau teman gue nanti insya Alloh.
Kalo gue udah lulus, sambil ngasdos full time di kampus baru dehh join yang begitu-begitu (hihi?)
Btw check tumblr http://yourcollegeta.tumblr.com/ deh untuk liat jokes tentang dosen gitu.
Kagum banget sama Pak Q dan Pak M yang superrr pinter :""O 
Mau juga jadi pinter kaya mereka tapi apalah daya gue................... (insert sad emote here)...
Huaaa mau study abroad dan jadi dosen pake banget:') :') :")

Yasudahlah....
Harus selalu mengimani apa yang Alloh rencanakan untuk kita! 
Serahkan saja semuanya pada Alloh. Tugas kita hanya berusaha dan berdo'a, bukan? :)

فلا تعصي إلهك وأطعه
دواما علّ تحظى بالقبول

Love,
خير


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe