It's ok to progress slower

02.55.00


Dua hari kemarin, skripsiku terasa sangaat berat. Bukan hanya karena aku masih harus membagi fokus dengan karya tulis untuk hal lain, namun karena progress skripsiku berjalan sangat lamban. Padahal, alhamdulillah, awalnya lajuku sangat pesat. Model penelitianku sudah jadi lebih dahulu dibandingkan teman-teman yang lain di grup bimbingan. Tapi saat pengumpulan data......... progress-ku seperti kura-kura. Jalannya lambat.

Penelitian ini datang dari kemauanku sendiri. Aku yang mengajukan topik ini ke dosen, aku juga yang mengajukan aplikasi LAPOR! sebagai studi kasusku. Jadi, awalnya aku optimis.. karena aku tau... aku pasti bisa! aku pasti gak akan mengecewakan diri aku dan orang lain, insya Alloh. Tapi, as the time goes by, data aku gitu-gitu aja. Aku baru dapat 34 data, dalam waktu 12 hari!!!!!!!!!!!!!!! Bayangin, 12 hari. Sedangkan teman-temanku datanya udah 200 lebih, bahkan hingga saat ini ada yang 400an sepertinya.

Lalu aku down.
Aku ngerasa aku udah gatau lagi harus gimana. Aku udah baweeel banget nanya-nanya sama pihak LAPOR! mengenai janji mereka yang mau publikasi penelitianku.. tapi kok belom muncul-muncul. Aku bodoh banget, yaiyalaah kan harus nunggu dulu, emangnya kaya akun pribadi bisa langsung published gitu aja. Aku juga sempet mikir, kenapa ya aku pilih aplikasi yang gak famous macam ini?? hiks..

Aku down, sampe nangis-nangis 2 hari. 
Aku selalu minta ibuku do'ain, tapi gak pernah ngasih tau masalah yang aku punya. Karena aku gak mau lah nyusahin orang tua aku cuma karena masalah skripsi. Di lab kampus, kerjaanku ya gitu-gitu aja. Kalo ditanya orang, nangis. Pokoknya nangis muluuu deh (pada dasarnya emang gampang nangis dan lagi in a baper week aja).

Dan kemarin, akhirnya aku memutuskan untuk gak boleh gitu terus. 
Aku ga boleh nangis mulu tanpa ngapa-ngapain. Alloh mengharuskan kita untuk ikhtiar maksimaaal... Aku harus semangat! Aku yang milih ini semua dari awal. Aku yang niat dari awal mau nulis penelitian, aku yang mau kaya gini. Jadi aku harus tanggung jawab dan menyelesaikan ini semua dengan kerja keras semampu aku.

Akhirnya kemarin, aku mulai mention orang satu-satu yang pernah ngetweet tentang LAPOR! ataupun mention akun LAPOR!. Aku lakuin itu juga di Facebook... aku message satu-satu, aku sapa orangnya satu-satu dengan nama mereka. Alhamdulillah dalam sehari ada 30 orang yang isi, sebuah angka yang mungkin biasa aja bagi orang lain, tapi ...it really means A LOT to me. Terus, alhamdulillah pihak LAPOR! melakukan publikasi kuesioner nida SETIAP HARI di sosial media FB dan Twitter... huhu makasih banyaaak ka Oky dan Ka Ismi!!!

Walaupun sampe sekarang, tetep aja data aku masih jauuuuuuuuh pisan dibandiingkan dengan yang lain, tapi aku bahagiaaaaaaaaaaa banget, beneran. Karena dengan aku nyari tweet/post mereka, aku tuh tau jadinya pendapat/opini warga Indonesia. Dan mereka tuh meni baiiik... aku dibantuin banyak sama mereka, sodara-sodara aku setanah air. Aku malah jadi nangis-nya tuh karena terharu.... mereka balas message aku dengan baik, kasih support, ikutan ngeshare dan lain-lain.  Terus, kalo aku liat domisili mereka, beneran mereka tuh bukan dari kota-kota "maju" Indonesia. 

Intinya, sekarang aku ngerasa kalo skripsi ini bukan hanya tentang aku dapet data, ngolah data, terus dapat kesimpulan, submit, aku lulus, kelar. 
ENGGAK.
Ternyata aku benar-benar ngerasain sendiri bahwa apa yang aku tulis di bagian manfaat penelitian itu adalah sebuah tanggung jawab yang sangat besar. Yang harus beneran aku usahain semaksimal mungkin. Banyak sodara-sodara aku yang menaruh harapan besar kepada LAPOR!, mereka mengadukan tentang gaji, pemungutan uang liar, anak mereka yang gak bisa sekolah karena gak punya uang, dan lain-lain. Semuanya bikin aku terenyuh.

Eksistensi aplikasi LAPOR! merupakan sebuah oase ditengah-tengah birokrasi pengaduan yang masih belum baik di negeri ini. Dengan adanya penelitianku, aku berharap LAPOR! dapat terus meningkatkan kualitas sistem dan kinerjanya untuk kemudian dapat menjadi salah satu cara yang diandalkan warga negara Indonesia dalam menyampaikan aspirasinya :") 

Mau data yang nida dapat nantinya dikit/banyak, nida sangat bersyukur pada Alloh yang telah memberi nikmat berupa perjalanan skripsi yang begitu indah ini. Semoga Alloh teruuus ngingetin nida untuk jadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain :")

Terus do'ain nida ya.... jangan lupa isi kuesionerku di bit.ly/skripsinida
Semangat juga untuk yang sedang berjuang skripsi.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe